26 April 2014

Awal suka JKT48

Seifuku JKT48 school

JKT48... Ya, JKT48... Idol group pertama di Indonesia yang terlalu sering diklaim oleh orang-orang awam sebagai girl band. Idol group yang terlalu sering dipandang sebelah mata dan diremehkan kemampauannya. Aku nggak begitu perduli tentang itu...

Kesukaanku pada mereka berawal sejak dulu waktu aku masih duduk di bangku SMK, muncul single pertama mereka yang berjudul heavy rotation. Aku suka lagu itu tanpa tau judul dan penyanyinya, sering aku dengar orang memutarnya atau sekedar sekilas melihatnya tayang di televisi. Hingga akhirnya aku tau apa judul lagu itu dan siapa penyanyinya karena saat itu JKT48 sempat jadi trending topik di kost temanku. Saat itu teman-temanku lagi tergila-gila dengan Nabilah, cewek mungil bergigi ginsul. Aku sih, nggak begitu perduli, paling banter aku cuma bertanya di dalam hati "semengagumkan itukah Nabilah dan JKT48?" Hingga akhirnya kecuekkanku itu lebur saat aku melihat video Nabilah, Stella dan Ghaida yang sedang menggunakan seifuku JKT48 school yang temanku putar di laptopnya. Perhatianku mulai tercuri... Bukan, bukan Nabilah yang menarik perhatianku, tapi Ghaida yang membuat aku penasaran dan ingin menyaksikan Video itu sampai selesai. Aku benar-benar terkesima saat itu melihat Ghaida. Perempuan yang lumayan tinggi, yang sedang berbicara di depan kamera. Rambut pendeknya, tatapan matanya, dan logat berbicaranya yang sepertinya pernah ku kenal. Ya, rasanya Ghaida sangat mirip dengan mantan pacarku, Bintang... Sejak saat itu, aku mulai menyimpan lagu heavy rotation di hapeku.

Ghaida dan Nabilah

Semenjak hari itu ketertarikkanku mulai bertumbuh pada JKT48. Sesekali sempat aku menonton serial tv-nya, JKT48 school, atau sekedar streaming videonya di youtube. Setelah heavy rotation, aku mulai mengoleksi lagu-lagu lainnya. Pertama-tama aku hanya menambah dua lagu, aitakata dan kimi no koto ga suki dakara. Lalu saat lulus dari SMK aku mulai menambah koleksiku lagi dengan lagu gomen ne summer dan boku no sakura, pajama drive juga kiss shite son shichatta. Saat itu lagu boku no sakura sangat menyentuh hatiku yang baru-baru saja berpisah dengan teman-temanku di SMK. Dan kalian tahu? Aku senang banget waktu single oogoe diamond di rilis. Pertama kenal lagu itu dari suatu iklan. Karena saat itu aku lagi ada di desa dan jaringan internet sangat sukar ditemukan, jadinya aku kesusahan untuk mencari tau judul lagu itu. Tapi syukurlah, teman akrabku tau judul lagu itu dan dia punya lagunya di memori hapenya. Sejak saat itu oogoe diamond menjadi lagu favoriteku.

Setelah itu aku pindah ke pulau jawa dan selama beberapa bulan aku hanya hidup sendiri tak memiliki teman satupun, hanya JKT48 yang bisa mengusir rasa sepiku saat itu. Satu persatu ku tambah lagi koleksi lagu JKT48ku, hingga sekarang aku punya empat setlistnya dengan versi clean, keenam singlenya, aku juga mengoleksi lagu-lagunya yang versi karaoke atau sekedar musik instrumental piano hasil cover yang ku dapat dari youtube.

Itulah kenapa aku sangat suka JKT48 hingga saat ini. JKT48 sudah termasuk dalam daftar kebahagiaanku. Walaupun aku sering dikatain karena aku suka JKT48, aku nggak perduli.
JKT48, my soul...